Kamis, 08 Juli 2021

Aplikasi Untuk Bisnis Online - Aplikasi POS Web

Aplikasi POS Web - Mengelola bisnis apalagi bisnis online saat ini itu sudah sangat mudah sekali, kita tidak perlu lagi repot-repot seperti dulu. Karena saat ini sudah ada berbagai macam aplikasi bisnis online yang bikin pengelolaan bisnis online kamu menjadi lebih mudah.

Web Dev Tangerang kali ini mau membagikan Aplikasi Untuk Bisnis Online yang wajib digunakan selain aplikasi pos web. Apa saja aplikasinya? Berikut ini adalah daftar Aplikasi Untuk Bisnis Online yang wajib digunakan selain aplikasi pos web untuk bisnis.

 

Aplikasi Gratis Untuk Bisnis Online


Aplikasi Untuk Bisnis Online - Aplikasi POS Web
Aplikasi Untuk Bisnis Online - Aplikasi POS Web

Aplikasi untuk perencanaan, pencatatan, dan manajemen proyek bisnis, aplikasi berikut ini dapat membantu kalian dalam memanajemen bisnis kalian, mulai dari perencanaan, hingga pencatatan. Berikut ini adalah daftar aplikasinya:

  1. Aplikasi POS Web

Aplikasi POS atau yang biasa kita kenal dengan aplikasi kasir adalah sebuah aplikasi yang dapat memudahkan kita untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan toko, terutama toko yang memiliki banyak cabang. Saat ini, aplikasi POS sudah banyak dikembangkan lebih jauh lagi. Salah satunya adalah Aplikasi POS Web, yang memiliki keungulan dapat diakses diberbagai macam tempat.

Selain digunakan untuk tujuan penjualan, aplikasi POS biasanya menyediakan fitur untuk mengelola inventory atau stock produk. Dengan begitu, kalian tidak perlu lagi khawatir kekurangan stock.

Kelebihan yang ditawarkan oleh Aplikasi POS Web

  • Design interface yang enak dilihat dan mudah digunakan. Bahkan, kalian juga dapat melakukan kostumisasi tampilannya, dengan menyesuaikan apa yang kalian mau.
  • Dapat mengirimkan nota/tagihan/invoice secara digital atau online. Sehingga, kalian bisa meminimalisir untuk menggunakan nota/tagihan/invoice kertas, untuk menghemat biaya dan tentunya mendukung Go Green.
  • Aplikasi POS Web dapat diakses dari berbagai macam perangkat, mulai dari PC/Laptop, Tablet, hingga smartphone.
  • Memiliki berbagai macam fitur lengkap, mulai dari report yang dapat diakses dan dilihat kapan saja dan dimana saja, hingga fitur pengelelolaan stock produk.
  • Laporan yang mudah dibaca, dan tentunya bisa diolah lebih lanjut lagi.

 

  1. Keep Notes atau Google Notes

Jika kalian tiba-tiba memiliki ide atau mungkin memiliki rencana, ada baiknya jika kalian langsung mencatat ide tersebut dengan menggunakan aplikasi keep notes dari Google. Tujuan utama dari aplikasi ini adalah membantu para penggunanya untuk mencatat sesuatu agar mereka tidak lupa. Kan sangat disayangkan jika kalian memiliki ide yang bagus tapi buyar atau menghilang karena tidak dicatat.

Aplikasi keep notes ini banyak digunakan oleh para pemilik binis, terutama bisnis online untuk mencatat produk yang harus di restock atau membeli produk baru untuk dijual kembali. Keep notes dapat terintegrasi dengan akun Google kalian, sehingga kalian tidak perlu takut catatan kalian akan hilang.

Fitur yang ada pada aplikasi Keep notes

  • Terintegrasi dengan akun Google.
  • Tersedia fitur voice, image, dan drawing memo.
  • Fitur Checklist task.
  • Fitur label catatan.

 

  1. Spreadsheet

Aplikasi yang satu ini mungkin terdengar asing, akan tetapi bagi sebagian orang yang sudah pernah menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Pastinya sudah mengenal aplikasi Spreadsheet dari Google ini. Aplikasi ini memiliki fungsi yang sama dengan MS Excel. Bedanya, aplikasi ini berbasis cloud yang tentunya lebih memudahkan Anda untuk bekerja kolaboratif dengan tim Anda.

Google Spreadsheet menawarkan 2 versi untuk para penggunanya, ada versi untuk Pribadi dan juga untuk Bisnis. Jika memang diperlukan untuk keperluan bisnis, kami sangan menyarankan untuk menggunakan versi bisnisnya. Karena kalian akan disediakan ruang penyimpanan khusus dan juga sistem keamanan yang lebih tinggi. Yang pastinya, data-data kalian akan aman tersimpan di layanan cloud storage milik Google.

Manfaat dari menggunakan Google spreadsheet, antara lain:

  • Tidak memerlukan storage space karena disimpan pada layanan cloud storage.
  • Terintegrasi dengan platfom atau aplikasi buatan Google lainnnya.
  • Dapat digunakan selayaknya menggunakan aplikasi MS Excel.
  • Memungkinkan kamu bekerja secara kolaboratif dengan anggota team.
  • Gratis untuk versi personalnya.

 

  1. Trello

Aplikasi berikut ini bernama Trello. Dengan aplikasi Trello ini memungkinkan kalian untuk dapat melacak kemajuan progress pekerjaan para karyawan yang kalian miliki. Trello dapat membantu kalian untuk meningkatkan produktivitas para karyawan maupun anggota team kalian.

Kelebihan yang ditawarkan aplikasi ini, antara lain:

  • Tersedia versi gratis dan berbayarnya.
  • Tersedia versi Desktop maupun versi cloud.
  • Mudah digunakan.
  • Kolaborasi kerja dengan tim menjadi lebih mudah.
  • Notifikasi yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.

 

  1. Workplace

Workplace atau yang sebelumnya bernama Workplace From Facebook adalah sebuah aplikasi kerja kolaboratif yang tersedia dalam paket komplit. Aplikasi ini mendukung berbagai macam hal untuk keperluan kerja kolaboratif dengan anggota tim, mulai dari fitur grup, pesan instan, konfrensi video, dan lain sebagainya.

Yang ditawarkan dari aplikasi ini, antara lain:

  • Fitur grup untuk memudahkan diskusi dengan anggota team.
  • Fitur chat untuk memudahkan komunikasi.
  • Tersedia fitur call dan video conference yang dapat dimanfaatkan untuk berkomunikasi dan membentuk meeting online.
  • Fitur berbagi file dan lain sebagainya.

 

  1. RingCentral

RingCentral bisa dibilang sebagai aplikasi terbaik untuk menunjang berbagai macam bisnis. Pasalnya, kalian hanya perlu satu aplikasi saja untuk dapat mengirim pesan teks dan video, memonitor pekerjaan, sharing screen, dan lain sebagainya dengan mudah, hanya dari satu aplikasi saja.

Aplikasi ini juga memiliki fitur yang dapat menyesuaikan role para anggota team kalian, mulai dari bagian DevelopmentMarketingDesignoperator, dan lain-lain.

Manfaat dari menggunakan aplikasi RingCentral:

  • Menyediakan media untuk berkomunikasi.
  • Memudahkan untuk men-tracking pekerjaan.
  • Memudahkan pembuatan jadwal untuk kegiatan.
  • Sharing file atau dokumen digital lebih mudah.
  • Fitur chat untuk berkomunikasi dan lain sebagainya.

 

  1. Canva

Aplikasi ini terbilang sangat cocok untuk digunakan bagi kalian yang memiliki bisnis atau sedang menjalankan graphic designCanva merupakan aplikasi atau platform graphic design terbaik yang memudahkan kita untuk membuat design media sosial, presentasi, poster, dokumen dan konten visual lainnya, hanya dengan melalui satu aplikasi saja.

Aplikasi ini populer digunakan karena gratis. Selain versi gratis, Canva juga menyediakan fitur berbayar yang dapat digunakan untuk para graphic designer profesional, untuk keperluan pekerjaan mereka.

Kelebihan aplikasi Canva:

  • Tersedia ratusan ribu template design yang dapat digunakan secara gratis maupun berbayar.
  • Dapat diakses dari berbagai jenis perangkat, mulai dari Laptop hingga smartphone.
  • Ukuran template yang dapat disesuaikan.
  • Tersedia ratusan ribu element design gratis yang dapat kalian coba gunakan.

 

  1. GoogleBusiness

Ingin bisnis cepat dikenal oleh orang-orang? Gunakan aplikasi Google Business. Google Business merupakan sebuah kamus besar, yang berisikan informasi bisnis-bisnis yang sudah mendaftar pada Google Business.

Manfaat menggunakan aplikasi Google Business:

  • Gratis, tidak dipungut biaya apapun.
  • Memperkenalkan bisnis kalian kepada pengguna internet.
  • Dapat menemukan kompetitor yang satu jenis bisnis dengan yang kalian miliki.
  • Dapat mengarahkan konsumen untuk mengujungi website bisnis kalian.
  • Tempat bisnsi kalian akan terlihat di layanan Google Maps.
  • Terlihat lebih profesional.

 

  • RajaOngkir

Punya website e-commerce? Udah terintegrasi dengan fitur ongkos kirim belum? Jika belum, kalian dapat menggunakan API dari RajaOngkir. RajaOngkir dapat memfasilitasi kalian dalam menentukan harga ongkos kirim produk, dari tempat kalian ke tempat konsumen kalian dengan mudah.

Dengan menggunakan API ini, kalian jadi dapat menyesuaikan harga penjualan untuk produk kalian.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh API RajaOngkir ini:

  • Mendukung biaya ongkir terupdate dari 23 jasa pengiriman di Indonesia.
  • Memungkinkan kalian untuk melakukan tracking terhadap pesanan yang sudah dikirim.
  • Dapat diaskes dari berbagai perangkat.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar